Uncategorized

Rumah-rumah tradisional di Kampung Tarung, berbagai nama dan fungsi

Kampung Adat Tarung tidak memiliki banyak rumah tradisional, yang jumlahnya mencapai sekitar 102 rumah. Desa asli Tarong juga dihuni oleh 400 keluarga yang masih tergolong kerabat dekat. Rumah di Kampung Adat Tarung juga sekitar 15 x 15 meter dan rumah memiliki 3-4 keluarga. Keunikan ini menjadikan desa asli Tarung sebagai tempat wisata budaya.
Rumah-rumah di Kampung Adat Tarung berbentuk seperti gedung pencakar langit tradisional dengan Sumba atau Uma (rumah). Struktur persegi panjang dibangun di atas platform yang didukung oleh beberapa balok kayu. Satu menggunakan mainframe untuk empat kolom lurus. Ada 36 pilar atau struktur gerbang sebagai struktur gerbang. Engsel Stylus menggunakan kayu Moose, Delamora atau Masila.
Ada 3 bagian utama Uma, yaitu atap rumah (toko Uma), area perumahan (Bi Uma) dan rumah (Kali Kabunga). Atap rumah berbentuk kerucut seperti menara. rumah adat ini biasanya digunakan untuk penyimpanan warisan. Kadang juga digunakan untuk menyimpan tanaman.
Lokasi perumahan (bei uma) adalah area yang tidak menyentuh lantai. Ruang interior dibagi menjadi ruang akses untuk pria dan wanita. Area perumahan berlantai bambu digunakan sebagai balkon yang luas (bangga) di tempat ibadah. Dan bagian terakhir ada di bawah rumah (Kali Kapunga). Bagian ini menjadi stabil untuk hewan, seperti kambing, babi atau kuda dan kerbau.
Selain menjadi bagian dari struktur Uma Bhavan sebagai tempat tinggal, ada bangunan dengan sebutan khusus. Sebuah bangunan tinggi tempat kuda (babi) dibesarkan di bawah rumah (janga). Rumah suci tidak dibangun sebagai tempat tinggal (nadiva) dalam bentuk marbabu atau pemujaan roh leluhur. Ada juga rumah besar yang menampung konseling tradisional (Uma Pokolo).
Kampung Adat Tarung juga memiliki beberapa rumah tradisional utama. Bahan-bahan tradisional dan karya-karya rumah di desa Tarong dimulai dengan Uma Rato di Ama Ama dan juga sebagai pelindung untuk kedatangan Uma Tuba. Uma Moyan (untuk mendefinisikan bulan suci), Uma vada (penyimpanan tombak), Uma dara (penyimpanan kuda tradisional), Uma marabou (ritual Bodo) dan lainnya. Setiap rumah atau panggung tradisional memiliki berbagai hal dan fungsi serta kegunaannya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*