Uncategorized

Perlengkapan keamanan (K3)

Peralatan keselamatan kerja (K3) adalah area yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan orang yang bekerja di fasilitas atau lokasi proyek atau melakukan upaya untuk mencegah kemungkinan kecelakaan dan penyakit akibat kerja.
akhir
– Menjaga kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja.
– Menciptakan tempat kerja yang aman, sehat dan bebas polusi untuk mengurangi dan / atau mencegah kecelakaan dan PAH, yang pada gilirannya dapat meningkatkan sistem kerja dan inijasa.com .
Peran dan fungsinya
– Setiap pekerja memiliki hak untuk menerima perlindungan untuk keselamatannya selama pelaksanaan pekerjaannya untuk kepentingan kehidupan dan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas nasional.
– Semua orang di tempat kerja harus dapat menjamin keselamatan mereka
– Setiap sumber produksi harus digunakan dengan aman dan efisien.
– Pengurangan biaya operasi dalam kasus kecelakaan di tempat kerja dan penyakit akibat kerja, karena perusahaan sebelumnya telah mengambil langkah antisipatif.
Tiga standar
– peraturan kesehatan dan keselamatan kerja.
– Diterapkan untuk melindungi pekerjaan.
– risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja.
bahaya
Contoh pertama dari jenis kimia:
1. Abu dari pembakaran kimia
2. uap kimia
3. gas kimia
2. Contoh jenis fisika:
1. Suhu udara yang terlalu panas atau terlalu dingin.
2. Situasi yang sangat kuat.
3. Kondisi udara tidak normal.
4. gangguan pendengaran.
5. Suhu tubuh tidak normal
6. Jenis proyek / pekerjaan
7. Penerangan atau penerangan yang buruk.

8. Bahaya transportasi barang.
9. Bahaya karena peralatan.
3. Contoh proyek / jenis pekerjaan:
1. Kerusakan mata
2. Pemindahan barang yang tidak disengaja melukai pekerja.
3. Peralatan tidak lengkap dan melindungi untuk melukai pekerja.
Peralatan APD
Penerapan OSH dalam pekerjaan proyek dilakukan dengan menyediakan peralatan PSA, yang distandarisasi sesuai dengan kebutuhan untuk setiap kegiatan proyek.
Pelindung kepala (helm pengaman)
Helm atau tutup pelindung melindungi kepala dari bahaya seperti benda jatuh atau bahaya listrik.
Pemakaian helm pengaman harus sesuai dengan lingkar kepala sehingga dapat secara nyaman dan efektif melindungi pemakainya.
Dalam produksi elektronik, tutup pelindung biasanya digunakan oleh insinyur dan personel gudang.
Ada 3 jenis headphone berdasarkan perlindungannya, yaitu:
1. Jenis umum helm (G), yang dapat melindungi kepala dari benturan dan benda jatuh dan mengurangi risiko listrik tegangan rendah hingga 2.200 volt.
2. Helm listrik (E), yang dapat melindungi kepala dari benturan dan benda jatuh dan mengurangi paparan bahaya listrik tegangan tinggi hingga 22.000 volt.
3. Helm tipe konduktif (C), yang hanya bisa melindungi kepala dari benturan dan benda jatuh, tetapi tidak melindungi kepala dari bahaya listrik.
Pelindung wajah dan mata (kaca pengaman)
Kacamata adalah alat yang melindungi mata dari bahaya melompati benda tajam, debu dan partikel kecil serta mengurangi silau dan semprotan kimia. Kacamata terbuat dari 2 jenis, yaitu:
1. Kacamata, dalam bentuk kacamata biasa dan hanya dapat melindungi mata dari risiko melompati benda tajam, debu, partikel kecil dan mengurangi sinar yang menyilaukan. Biasanya digunakan untuk menempelkan dan memotong komponen.
2. Kacamata, kacamata yang bentuknya dipasang langsung di wajah. Kacamata pelindung melindungi mata Anda dari bahaya semprotan kimia, asap, uap, debu, dan benda tajam. Biasanya digunakan oleh insinyur produksi.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*